Selamat datang di Official Website Indonesia Traditional Medicine. "Bergerak, Bergetar, Berenergi". Contact Person No. HP / WA : 0856-9351-7367 WA klik DISINI

10 Resep Obat Tradisional Indonesia Dengan Manfaat Kesehatan Yang Nyata

WWW.INTRAMED.CO.ID - Jauh sebelum pengobatan Barat modern diperkenalkan, masyarakat Indonesia berhasil memerangi banyak penyakit dengan ...

WWW.INTRAMED.CO.ID - Jauh sebelum pengobatan Barat modern diperkenalkan, masyarakat Indonesia berhasil memerangi banyak penyakit dengan resep obat tradisional. Bahkan sekarang, banyak rumah tangga masih lebih menyukai resep kuno ini daripada obat modern, sementara perusahaan memasukkan kearifan lama ini ke dalam produk masa kini. Dari obat demam hingga ramuan penurun berat badan, temukan resep obat tradisional Indonesia yang luar biasa.

Kunyit-Asam Herbal

Sering ditemukan dalam resep masakan Asia, kunyit juga dihargai karena sifat anti-inflamasi dan antioksidannya. Dikombinasikan dengan asam, jamu kunyit asam adalah obat yang terbukti untuk nyeri haid, radang, tekanan darah tinggi, dan banyak lagi. Banyak juga yang mengandalkan herbal ini untuk menurunkan berat badan . Untuk membuat minuman ini, seduh kunyit dan asam jawa yang dihaluskan atau dihaluskan dalam jumlah yang sama, tambahkan gula aren dan sedikit garam secukupnya.

Temulawak

Temulawak, atau Jahe Jawa, adalah tanaman rempah asli Indonesia dan selama berabad-abad telah diamati menghasilkan beberapa manfaat kesehatan. Minuman temulawak telah digunakan untuk meredakan mual, pusing, dan gejala masuk angin. Tapi mungkin kegunaan yang paling umum dari ramuan ini adalah untuk meningkatkan nafsu makan, terutama untuk anak-anak. Untuk membuat ramuan temulawak, haluskan temulawak dan seduh dengan asam jawa dan gula aren, didihkan sampai airnya tersisa setengahnya.

Beras-Kencur herbal

Jamu ini tetap menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia tidak hanya karena manfaatnya bagi kesehatan, tetapi juga karena rasanya yang segar dan nikmat. Kencur, juga dikenal sebagai jahe aromatik atau jahe pasir, kaya akan seng dan mineral lainnya, menjadikannya bahan umum untuk berbagai masakan tradisional dan resep obat di seluruh Asia. Dikombinasikan dengan nasi dan rempah-rempah lainnya, minuman herbal ini membantu mengatasi kolesterol, peradangan, dan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan. Untuk membuat jamu beras dan kecur, pertama-tama Anda harus menyiapkan butiran beras dengan merendamnya selama tiga jam. Seduh kencur dengan sedikit kunyit, asam jawa, jahe, dan gula aren. Setelah air mendidih, ambil semua bahan dan tumbuk menjadi satu, lalu seduh sekali lagi.

Jamu Cabai Jawa

Jamu ini menggunakan Piper retrofractum atau dikenal juga dengan cabai puyang, cabai jawa, cabai jawa, atau cabai bali. Sering digunakan sebagai bumbu dan penyedap makanan tradisional, ramuan ini juga ampuh untuk mengobati pegal-pegal atau pegal-pegal pada tubuh. Kelimpahan zat besi dan nutrisi lainnya juga membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel darah merah dan mencegah anemia. Untuk membuat minuman herbal ini, Anda bisa menumbuk atau memotong cabai, atau mengeringkannya terlebih dahulu, lalu direbus dengan air. Tambahkan madu atau gula aren secukupnya sesuai selera.

Pahitan

Pahitan berasal dari kata 'pahit' yang berarti pahit. Pada dasarnya bermacam-macam rasa pahit, minuman herbal ini mengandung berbagai daun, terutama sambiloto, tetapi juga brotowali, meniran, lempuyang, dan lain-lain dalam ukuran yang lebih kecil. Obat tradisional ini terkenal karena rasanya yang tidak enak, namun khasiatnya telah teruji oleh waktu dalam membantu mengatasi gula darah tinggi, kolesterol, dan sistem pencernaan. Ini juga membantu dengan ketidaknyamanan yang lebih kecil seperti luka terbuka, demam, kekakuan, dan sakit kepala.

Kumis Kucing

Orthosiphon aristatus atau kumis kucing atau teh jawa merupakan tanaman obat tropis yang sering digunakan dalam resep obat baik tradisional maupun modern. Popularitasnya sebagian karena ketersediaan yang sangat besar dan pemeliharaan yang rendah, sehingga siapa pun dapat menanamnya di halaman belakang mereka sendiri, tetapi juga untuk nutrisi yang kaya. Ada resep berbeda untuk gejala berbeda yang dapat dibantu oleh tanaman ini. Namun sebagian besar, menyeduh tanaman ini cukup untuk dijadikan obat tradisional yang membantu mengatasi diabetes, tekanan darah tinggi, demam, bahkan penyakit menular seksual. Minuman kumis kucing juga aman dikonsumsi setiap hari hingga gejalanya mereda.

Uyup-Uyup

Minuman herbal ini sangat populer di kalangan ibu menyusui, karena kandungan nutrisi di dalamnya terbukti dapat membantu meningkatkan produksi ASI dan kualitasnya, antara lain manfaatnya seperti menghilangkan bau badan yang tidak sedap dan meredakan masalah pencernaan. Uyup-uyup, atau gepyokan, menggunakan kencur, jahe, kencur, temulawak, puyang, dan kunir; dicincang lalu dihaluskan, lalu diseduh bersama. Anda juga bisa menambahkan gula untuk membantu rasanya.

Sarabba

Di Sulawesi Selatan, tempat minuman ini berasal, penduduk setempat menikmati minuman ini setiap hari, dan juga pada acara-acara khusus. Resep ini mengandung sejumlah bumbu, membuat sarabba ideal untuk membantu menghangatkan tubuh saat cuaca dingin. Selain rasanya yang enak dan khasiatnya yang menghangatkan, sarabba juga dikenal dapat membantu mengatasi flu dan meningkatkan stamina serta imunitas tubuh. Untuk membuat segelas sarabba yang pedas dan lezat, rebus air dengan potongan jahe, serai, dan kayu manis. Kemudian tambahkan gula aren dan merica, kemudian santan. Lanjutkan merebus selama 10 menit lagi. Pada menit terakhir, tambahkan kuning telur di atasnya. Sajikan secara langsung.

Herbal Kudu Laos

Dua bahan utama minuman herbal ini adalah laos (lengkuas) dan mengkudu (Morinda citrifolia atau buah keju). Selain efek menghangatkan tubuh yang menyenangkan, minuman herbal tradisional ini juga membantu meredakan berbagai ketidaknyamanan perut termasuk kram menstruasi. Kudu-Laos baik untuk anak-anak dan orang dewasa. Jika dikonsumsi secara teratur juga dapat membantu mengatasi hipertensi dan meningkatkan nafsu makan. Untuk membuat resep ini, cincang laos dan mengkudu lalu seduh bersama. Anda juga bisa menambahkan bahan lain seperti asam jawa, bawang putih, cabai puyang, garam, dan merica sesuai selera.

Jamu Galian Singset

Minuman herbal ini memiliki salah satu kata yang paling didambakan dalam namanya: 'singset' berarti langsing atau kurus. Dan efek itulah yang membuat resep tradisional ini begitu populer, terutama di kalangan wanita. Namun lebih dari itu, banyak orang mengklaim manfaat lain seperti kulit yang lebih baik, aroma tubuh yang harum, dan organ kewanitaan yang lebih kencang. Resep ini menggunakan temulawak, jahe, kunyit, serai, dan kayu manis, dicampur dengan asam jawa, ketumbar, dan merica, dihaluskan menjadi satu dan direbus.

Note : Foto sumber dari Shutterstock

COMMENTS

Nama

Jamu,1,Resep,1,Tanaman Herbal,2,
ltr
item
Traditional Medicine: 10 Resep Obat Tradisional Indonesia Dengan Manfaat Kesehatan Yang Nyata
10 Resep Obat Tradisional Indonesia Dengan Manfaat Kesehatan Yang Nyata
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEivDRGUaccFPDInTfsLbdpSxNb9UzaQVWGOPtbxavapuvI6oPMWA9_zjbMkrLb488YiN3W_2PjpADzLYeyz40GQiQnys64oVScMzJG2SkQcrBQWeURXuPXlZCVaUnA4vOxzuRUUkQkv8EgaVmLFgosXgD4X4mOZb6U7MImcSflHl80gsphRTAidoFupeQ/s320/jamu-dan-madu-intramed.webp
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEivDRGUaccFPDInTfsLbdpSxNb9UzaQVWGOPtbxavapuvI6oPMWA9_zjbMkrLb488YiN3W_2PjpADzLYeyz40GQiQnys64oVScMzJG2SkQcrBQWeURXuPXlZCVaUnA4vOxzuRUUkQkv8EgaVmLFgosXgD4X4mOZb6U7MImcSflHl80gsphRTAidoFupeQ/s72-c/jamu-dan-madu-intramed.webp
Traditional Medicine
https://indo-traditional-medicine.blogspot.com/2023/01/10-resep-obat-tradisional-indonesia.html
https://indo-traditional-medicine.blogspot.com/
https://indo-traditional-medicine.blogspot.com/
https://indo-traditional-medicine.blogspot.com/2023/01/10-resep-obat-tradisional-indonesia.html
true
6297221829699176155
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content